Minggu, 26 Januari 2014

Sejarah Perkembangan Arsitektur Gotik



Arsitektur gotik adalah perkembangan dari arsitektur klasik yang lahir di Eropa Timur mirip dengan saudaranya arsitektur romanesk yang lahir di Eropa Barat. Secara umum arsitektur gotik masih mempermainkan gubahan arsitektur klasik seperti arsitektur romanesk, namun Kerajaan Byzantium sebagai tempat berkembangnya arsitektur ini bertetangga dengan Kehalifahan Islam dan Kekaisaran Persia sehingga banyak elemen arsitektur islam dan arsitektur mesopotamia  yang mempengaruhi dan diadaptasi pada arsitektur gotik seperti elemen kubah dan ornamen fasad.
- Budaya: vasal, monastik - Nilai: feodalisme -Preseden: arsitektur klasik, arsitektur romanesk, arsitektur islam, & arsitektur mesopotamia - Contoh: St. Albans Cathedral, Inggris; Salisbury Cathedral, Inggris; Notre Dame, Prancis; Wells Cathedral, Inggris; Florence Cathedral, Italia; St. Vitus Cathedral, Ceko;  Chartres Cathedral, Prancis -  Unit: apase, ambulatory, cellar, chevet/cradle, nave - Warisan: struktur: flying buttress, vaulting, bracing, diversifikasi kuda-kuda; tipologi: rumah, basilika (gereja), kastil - Keprofesian arsitek: ada bersifat arcpriest dan seniman
 

Gaya Arsitektur Gothic dimulai pada pertengahan abad 12 dan berakhir pada abad 16. Seni gothic diyakini juga sebagai perwujudan seni barbarian. Di Inggris, tepatnya pada abad 17 sampai 18 seni gothic dianggap sebagai seni yang tidak punya cita rasa atau hambar dan juga dianggap sebagai seni yang menyimpang dari kaidah-kaidah seni yang sudah ada.


KARAKTERISTIK BANGUNAN GOTHIC

Terdapat menara pada bangunan gereja. Biasanya terletak pada bagian depan ataupun belakang bangunan. Dan pada masa Arsitektur Gothic menara difungsikan sebagai isyarat adanya peribadatan di dalam gereja. Hal tersebut berkembang sampai saat ini, dan isyarat tersebut merupakan bunyi lonceng yang ditempatkan dibagian atas menara.



 



Terdapat rose window. Secara arsitektural hal itu digunakan untuk memasukan cahaya dan estetika. Sedangkan dari segi religi, rose window dipakai sebagai symbol firman Tuhan yang disimbolkan sebagai cahaya yang masuk dan menerangi isi hati para jemaat gereja.











Terdapat seni kaca patri (clear storey) di dinding bangunan gothic. Hal ini merupakan perkembangan teknologi kaca pada masa itu yang diterapkan pada bangunan.






 



Adanya rib vaulting. Yaitu atap bangunan yang menyerupai membran dan memiliki unsur arsitektural sebagai salah satu peninggalan bentuk arsitektur gothic.








Penebalan kolom/tiang sebagai perkuatan struktur bangunan yang juga merupakan ciri khas dari bangunan gothic.
Jajaran kolom yang terpadu dengan rib voulting menjadi unsur utama konstruksi bangunan.





Arsitektur gotik juga menerapkan solusi struktur bagi bangunan-bangunannya yang menjulang tinggi, seperti halnya arsitektur romanesk yang mengandalkan sistem triforium untuk menyangga bangunan, arsitektur gotik mengandfalkan sistem flying buttress. Sistem flying buttress pada dasarnya adalah sistem triforium, namun arsitektur gotik lebih bereksperimen dalam hal struktur. Bidang penyangga triforium dicoak hingga menjadi struktur yang organik, lebih meruang. Luar biasanya, selain flying buttress seluruh dinding dan elemen vertikal merupakan penyangga beban bangunan, bahkan hingga tralisnya sekalipun.
 Gambar struktur flaying buttres yang merupakan garapan dari struktur triforium yang dicoak
 Gambar penampang vault pada arsitektur romanesk dan arsitektur gotik yang juga mencoak vault
Gambar desain vault dan tralis sebagai upaya penahan beban berupa sistem vaulting dan sistem bracing
Lihat pula bagaimana perbedaan penerapan sistem triforium dan sistem flying buttress pada St. Albans Cathedral, Inggris yang masih menggunakan triforium dan Notre Dame, Prancis yang sudah menggunakan flying buttress pada contoh gambar bangunan di atas.

 Gambar denah (dari kiri ke kanan) Amiens Cathedral, Prancis dan Wells Cathedral, Inggris

Pada saat itu, profesi arsitek meredup , seperti halnya yang terjadi di arsitektur romanesk. Arsitektur gotik memperlihatkan betapa  merdeka, harmoni, dan sosialisnya sebuah nilai budaya, berkebalikan dengan arsitektur romanesk (klasik). Kedua arsitektur ini kedepannya akan memberikan bias pada perkembangan dan pertarungan gaya dalam arsitektur modern. Battle of style.


Filsafat arsitektur Gotik adalah vertikalisme, transparan dan diafan. Faris vertikal mengungkapkan ciri zaman yang mengarah total pada Yang Maha Tinggi. Dinding-dinding kaca berwarna memperlihatkan cita-cita lepas dari kewadaqan materi kehidupan yang fana. Diafan artinya cahaya yang menembus, selaku lambang rahmat Tuhan yang menembus kefanaan hidup manusia untuk meneranginya dengan Nur-Illahi. Interior gereja besar di Koeln ini lebih memperjelas keyakinan masyarakat abad-abad pertengahan dari eksteriornya. Kontruksi-kontruksi ringan dan transparan ini sangat dekat dengan selera modern yang kita suka keterbukaan luas. Tetapi hasil gemilang para konstruktornya seperti ini adalah warisan pengalamn praktek berabad-abad. Pada bad-abad awal gaya Gotik sering seluruh gedung ambruk karena kurang perhitungan sratikanya.



 

2 komentar:

  1. ARTIKEL PEMBODOHAN, TAK PANTAS UNTUK DIDENGAR
    Terlalu mengada ngada hanya untuk memuji desain neo gotic hingga harus menjelek jelekkan desain Art Deco dengan menampilkan komentar pahit dari orang orang kritikus dimasanya terhadap desain Art Deco. BETUL BETUL ARTIKEL PEMBODOHAN

    BalasHapus